Jajanan Tiwul, Jajanan Khas Tradisional dari Desa Glagahwaru Kec. Undaan Kab. Kudus



Jajanan Tiwul















Tiwul adalah jajanan khas tradisional yang masih eksis dipasarkan di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Untuk mendapatkan jajanan tradisional ini, kita dapat membelinya di pasar Babalan, Pasar Wage dan Pasar Wates.  Jajanan Tiwul dibuat oleh Ibu Sukini dan Ibu Verni  dari berasal dari desa Glagahwaru. Beberapa UKM pembuat tiwul di Desa Glagahwaru Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus telah memasarkan produknya pada pasar-pasar di daerah sekitar.



Tiwul merupakan makanan berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Makanan ini pada jaman dahulu dijadikan masyarakat Indonesia sebagai makanan pengganti beras atau nasi. Adapun cara membuat makanan ini yaitu singkong yang telah dikupas kulitnya kemudian dijemur hingga kering, Setelah singkong tersebut kering selanjutnya digiling/ditumbuk sampai halus hingga menjadi tepung. Tepung dingkong ini di daerah jawa biasa disebut atau dikenal dengan nama tepung gaplek atau tepung tapioka (tepung cassava).



Dari tepung inilah kemudian dicampur dengan air untuk dibuat menjadi adonan berbutir seperti pasir. Selanjutnya adonan tersebut dikukus selama kurang lebih satu jam, kemudian  ditiriskan di atas daun pisang, dan disajikan saat hangat bersama parutan kelapa dan sedikit garam. Bisa juga adonan singkong tersebut dicampur dengan gula merah, hal itu tergantung seleranya.





Ditulis oleh Yus Machrus




Sumber :

Blog Glagahwaru                      
Blog Kecamatan Undaan Kudus

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...