Wedang Corro, Minuman Khas Tradisional dari Desa Undaan Tengah Kec. Undaan Kab. Kudus




Wedang Coro















Sumber : Mustangcorps.com

Wedang “Coro” atau ada juga yang menuliskannya dengan kata “Corro” merupakan salah satu minuman tradisional khas masyarakat  Kabupaten Kudus dan masih dilestarikan masyarakat Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Wedang itu terkait dengan tradisi pertanian di Kudus karena biasanya diminum kala petani selesai panen dan tanam pada musim penghujan. Penyebutan kata “coro” pada wedang coro sebagai minuman tradisional khas tersebut karena disajikan dengan 'coro' atau cara demikian.



Wedang Corro













Wedang Corro mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti masuk angin, demam, dan perut kembung serta bisa menghangatkan tubuh. Selain itu, para petani di Desa Undaan Tengah meyakini wedang "coro" bisa menghilangkan lelah dan kecapean. Ramuan khas rempah – rempah yang terkandung dalam wedang corro adalah resep utama yang membuat Wedang corro banyak digemari oleh masyarakat di Undaan dan sekitarnya.



Wedang Coro/Corro didapatkan dari  resep turun-temurun atau pada zaman 'mak kuno' (nenek moyang) yang terbuat dari adonan tepung beras, gula aren atau gula merah, gaul (irisan kelapa yang digoreng), garam, serta rempah – rempah yang terdiri dari merica, sere, dan jahe. Minuman tradisional khas masyarakat  Kabupaten Kudus ini berwana krem, lebih kental seperti bubur, dan rasanya perpaduan manis, sedikit pedas, dan gurih.



Penyajian Wedang Coro/Corro harus dalam keadaan hangat sehingga khasiat yang terkandung didalamnya dapat diserap oleh tubuh sehingga  badan terasa hangat dan segar.



Untuk mendapatkan Wedang Coro/Corro ini bisa diperoleh di Warung Ny Ika yang beralamat di Desa Medini Gang 7 dan Gang 15, dan beberapa warung lainnya seperti warung dekat areal persawahan Desa Undaan Tengah yang lokasinya berada sekitar satu kilometer Balai Desa Undaan Tengah, Desa Glagahwaru, Desa Kalirejo, dan Desa Undaan Kidul yang kesemuanya masuk dalam wilayah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Jawa Tengah. 



Wedang ini harganya cukup murah, Rp 2.000 per gelas.



Ditulis oleh Yus Machrus

Labels : Wisata Kuliner Desa



Sumber :

Kompas.com                

1 comment :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...