SATUKAN GERAK MENGAWAL IMPLEMENTASI UU DESA

Waktu
: 04/12/2015 15:09:50
Sumber
: Marwan Jafar

JAKARTA-Lebih dari 500 orang dari berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Gobvermance Organitation/NGO), Akademisi, dan Media Massa hadir dalam rapat kerja nasional pemangku kepentingan desayang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal , dan Tranmigrasi (Kemendesa PDTT)diJakarta, Kamis (3/12).

Menteri Desa PDTT Marwan Jafarmengajak semua peserta untuk memberikan masukan, apakah UUDesa sudah terlaksana sesuai ketentuan ataukan belum. Indikatornya bisa dilihat dari sejauh mana pengaruh program desa terhadap pembentukan kemandirian Desa, bisa mengentaskan kemiskinan,menjadi solusi untuk permasalahan ekologi, menekan urbanisasi , serta berbagai peroblem sosial lainya.

“Rapat kerja ini harus bisa menghasilkan  konsensus bersama untuk Desa Membangun," ucap Menteri Marwan.

Secara umum UUDesa masihbelum dipahami secara utuh oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang hanya memahami UUDesa sebatas persoalan Dana Desa, padahal  regulasi ini hadir untuk masyarakat Desa supaya desa lebih berdaya dan bisa mandiri untuk kepentingan masyarakat seutuhnya.

Menteri Marwan menambahkan bahwa masih banyak persoalan yang menjadi tantangan untuk membumikan UU Desa dengan baik, khususnya tantangan bagi Kemendes PDTT sebagai pengawal UU Desa. Salah satu tantangan itu misalnya terkait politik lokal yang didugamemicu maraknya usulan pembentukan desa baru  atas nama kewenang Desa dalam UU Desa.

Begitupun, lanjut Menteri Marwan, persoalan hubungan antar desa dengan kecamatan,Kabupaten dan pemerintah harus dijalankan sebagai tugas bersama supaya tidak ada persoalan di kemudian hari.
“Untuk mewujudkan desa mandiri dan terlaksananya amanat UU Desa dengan maksimal, maka butuh sinergi dan waktu. Dengan demikian, peran NGO dan akademisi sangat penting untuk menambal dan mempengaruhi para birokrasi, supaya lebih progresif lagi,” tuntasMenteri Marwan.

SelainMenteri Marwan hadirjugaSekjenKemendesa PDTTAnwar Sanusi, Dirjen PPMD Ahmad Erani, StafMenteriSyaiful Huda, serta beberapa pejabat di lingkungan Kemendesa PDTTlainnya.
Penulis: Zaenal Mutaqin


Sumber : Kemendesa, diakses tanggan 5 Desember 2015 jam 01.37 WIB.

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...