Warung Nasi Goreng



Oleh : Yus Machrus

Gambar : Nasi Goreng


















Sumber : Blog Cantik Ala Yanti

Nasi Goreng merupakan makanan khas Indonesia
Biasanya makanan ini menjadi menu pilihan untuk sarapan pagi maupun makan malam. Nasinya yang panas berwarna coklat muda berasa gurih, manis, dan pedas, ditambah gurihnya bawang goreng dan atau abon sapi, serta cantiknya hiasan di atasnya yaitu dadar atau telor ceplok, segarnya acar mentimun dan wortel, cabe rawit hijau, bawang mentah juga kriuknya kerupuk udang.
Pada perkembangannya dengan adanya kreatifitas maka telah lahir beberapa varian baru dari keluarga Nasi Goreng semisal Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Crispy, Nasi Goreng Mangga, Nasi Goreng Petai Ampela, Nasi Goreng Sayuran, Nasi Goreng Teri, Nasi Goreng Kencur, Nasi Goreng Omelete, Nasi Goreng Jagung, Nasi Goreng Ikan Asin, Nasi Goreng Magelangan, Nasi Goreng Kambing dan lain sebagainya.

Nasi Goreng bisa dijual dimana saja
Makanan ini biasa dijual di warung kaki lima, pedagang keliling baik menggunakan gerobak maupun dipikul yang lewat di depan rumah bahkan juga di resto-resto biasa maupun resto kelas bintang lima.

Bahan yang diperlukan mudah diperoleh
Semua bahan yang diperlukan mudah diperoleh di pasar tradisional, cara membuat dan menyajikannya tidak begitu rumit maupun sulit karena secara sederhana cukup dengan mengoleskan margarin atau mengucurkan minyak goreng secukupnya di wajan, menuangkan bumbu yang telah diracik, menambahkan sambal, telor ayam lalu diaduk hingga rata, menuangkan dan mengaduk hingga rata nasi putih yang tidak lembek, menambahkan garam dan kecap secukupnya lalu diaduk hingga rata.

Proses memasak cukup singkat dan tidak rumit
Selain itu, dalam pembuatan dan penyajiannya tidak membutuhkan waktu lama (kurang lebih 10 menit sekali masak) dan diakhiri dengan menyajikan nasi tersebut di sebuah piring dan kemudian menaburkan di atasnya bahan pelengkap seperlunya seperti bawang goreng, abon, potongan kecil acar mentimun maupun wortel, kerupuk udang atau kerupuk biasa.

Harganya cukup terjangkau
Dengan harga serendah-rendahnya Rp. 10.000, maka harga tersebut akan terjangkau oleh banyak warga masyarakat desa.

Terkenal hingga ke Mancanegara
Bukan hanya digemari oleh orang Indonesia, makanan ini bahkan digemari sampai ke mancanegara, seperti Belanda, Amerika, juga Jepang. Begitu populernya Nasi Goreng sehingga menjadi makanan paling terkenal atau paling banyak diperbincangkan di jejaring sosial Twitter menurut penelitian pada Juli 2011 oleh Lembaga kajian Prapancha Research (PR). Dalam penelitian itu, nasi goreng menjadi yang paling banyak diperbincangkan di jejaring sosial dengan 2,3 juta perbincangan di luar Indonesia, diikuti rendang dengan 1,1 juta perbincangan, serta sate dengan 533 ribu perbincangan. Sementara untuk Tom Yam, di luar Thailand, memperoleh 254 ribu perbincangan. Bulgogi dan Bibimbap, di luar Korea Selatan, masing-masing memperoleh 210 ribu dan 162 ribu perbincangan.

Presiden Amerika Serikat saat ini yaitu Barack Obama sangat menyukai Nasi Goreng sejak kecil hingga saat ini. Makanan ini merupakan menu utama yang pernah disantap saban hari sewaktu Obama kecil menetap di Indonesia. Semasa kecil yaitu pada 1967-1971, Barry sebutan nama kecil Barack Obama bersama ibunya Ann Dunham Soetoro, serta ayah tirinya Lolo Soetoro pernah tinggal di Jalan Haji Ramli No 16 RT11/15, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Barack Obama masih menyimpan rindu terhadap salah satu masakan Indonesia yaitu nasi goreng. Untuk membayar kerinduan itu, Obama kemudian melakukan pesan antar khusus. Ia memesan nasi goreng langsung dari AS ke sebuah restoran di Bali.

Itulah di atas tadi beberapa gambaran sederhana keistimewaan Nasi Goreng.

Analisis Usaha Nasi Goreng
Menurut pengalaman selama tinggal di Kabupaten Cirebon, Kota Bandung, Kota Bekasi dan DKI Jakarta, pedagang Nasi Goreng biasanya mulai membuka usahanya dari jam 17.00 hingga menutupnya pada jam 22.00 atau selama 5 jam usaha. Selain menjual Nasi Goreng, biasanya warung kaki lima Nasi Goreng juga menjual Mie Goreng, Mie Rebus, Kerupuk Emping, Kacang Goreng, Pisang bahkan minuman ringan. Biasanya seorang pedagang nasi goreng menanyakan pilihan telornya dicampur atau dipisah dalam bentuk didadar atau diceplok pada saat konsumen mendatanginya.

Berdasarkan pengakuan beberapa orang pedagang nasi goreng di desa yang pernah ditanya, dalam satu hari normalnya terjual sebanyak 40 bahkan bila sedang ramai hingga mencapai 60 porsi nasi goreng, itupun belum menghitung penjualan Mie Goreng, Mie Rebus dan yang lainnya. Saat ini, harga per porsi Nasi Goreng di desa paling murah dijual seharga Rp. 10.000 per porsi, Mie Rebus dan Mie Goreng paling murah dijual seharga Rp. 8.000 per porsi.

Untuk lebih lengkap perihal kalkulasi modal, keuntungan dan lamanya pengembalian modal usaha Nasi Goreng, saya akan melanjutkannya pada posting tulisan selanjutnya di Menu Analisis Modal Usaha Nasi Goreng.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua Sahabat Desa Wirausaha …


Sumber tambahan :
 





 

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...