Cara Budidaya Buah Naga yang Mudah dan Benar



October 06, 2015, admin epetani

Pendahuluan

Pohon Buah Naga
Cara Budidaya bisa dilakukan di pot maupun di lahan biasa. Buahan ini terdiri dari 4 jenis, yakni buah dengan kulit merah serta isi putih, buah dengan kulit merah serta buah di dalamnya juga merah, buah dengan kulit merah dengan isi di dalamnya merah keunguan, serta buah naga dengan kulit kuning. Buah naga sangat dikenal dengan antioksidan yg ada di dalamnya. Banyak yg memanfaatkan buah berwarna merah tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta stamina, juga untuk menjaga kesehatan. Harga dari buah inipun mahal, hingga dengan menanam naga tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan yg banyak lewat sampingan usaha dengan membudidayakan buah tersebut.

Lahan serta tiang penopang

Pada awalnya, Anda bisa menyiapkan lahannya terlebih dulu. Kemudian, siapkan juga tiang penopang yg akan menjadi batang cadangan bagi tanaman naga. Anda bisa memilih tiang beton maupun kayu dengan ukuran 10 cm x 10 cm. Ketinggian dari tiang penopangnya adalah 2 meter dengan ditancapkan ke dalam tanah sebanyak setengah meter. Kemudian, beri besi dengan bentuk lingkaran di bagian ujung tiang tersebut. Fungsinya adalah untuk menahan batang dari tanaman naga. Kemudian, Anda juga bisa membuat lubang dengan ukuran 40 cm pada masing-masing panjang, lebar, serta tingginya. Buat lubang dengan jarak tanam sepanjang 2 m x 2,5 m. Dalam satu hektar tanah, Anda bisa membentuk lubang mencapai 2000 lubang. Pada tiap pohon atau tiang penopang dibuat sebanyak 3 hingga 4 lubang tanam dgn jarak masing-masingnya adalah 30 cm (dari tiang penyangga). Setelah itu, berilah pupuk kandang dgn ukuran 5 hingga 10 kg yg dicampur media tanah.


Bibit serta penanaman

Ada dua tips budidaya tanaman buah naga, yakni melakukan teknik stek serta biji. Kalau Anda memilih biji maka bibit bisa ditanam setelah usianya 3 bulan. Sementara teknik stek membutuhkan batang tanaman 25 hingga 30 centimeter.


Pengairan serta pemupukan

Selanjutnya adalah tahap perawatan, pengairan bisa dilakukan satu hingga 2 hari sekali, jangan terlalu berlebihan. Sementara itu, pupuk kandang bisa ditebar 3 bulan sekali dgn ukuran 5 hingga 10 kg.


Pembersihan gulma

Jangan lupa untuk membersihkan gulma. Membersihkan gulma sangat penting menurut artikel.web.id agar pertumbuhan tanaman Anda lebih baik.


Pemangkasan

Jika batang dari tanaman naga sudah 2 meter atau setinggi tiang penyangganya, tiba saatnya Anda memangkas. Kemudian dimunculkan 2 batang atau cabang sekunder, dari situ batang ditumbuhkan hingga terbentuk 2 cabang lagi yg disebut cabang tersier.


Sumber : E Petani, diakses tanggal 18 Januari 2016, jam 02.50 WIB
 

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...