Hasil Produk Pelatihan TKI Purna Berpeluang Dipromosikan Di Luar Negeri

13 Januari 2016 09:44 WIB



Jakarta, BNP2TKI, Selasa (12/01) - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) selama 2015 telah melaksanakan program pemberdayaan bagi 15.000 TKI Purna/WNI Overstayers/TKI Bermasalah di seluruh Indonesia. Hasil produksi TKI Purna tersebut berpeluang untuk dipromosikan di luar negeri.

Hal ini terungkap saat Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Perdagangan dan BNP2TKI Tentang Pengembangan dan Promosi Potensi Tenaga Kerja Indonesia Formal Dalam Upaya Peningkatan Penempatan Tenaga Kerja di Luar Negeri yang bertempat di kantor Kementerian Perdagangan, pada Selasa (12/01) dan dilakukan antara Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong dengan Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid.

"Kerjasama dengan Kemendag ini adalah untuk mencari offtaker. Selain itu, juga memanfaatkan instrumen Kemendag yaitu Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan untuk mempromosikan sektor jasa tenaga kerja terampil," ujar Nusron.

Lebih lanjut Nusron menjelaskan, "Remitansi TKI di tahun 2015 adalah 10,5 Miliar USD, naik 24% dari tahun sebelumnya. Salah satunya disebabkan oleh kenaikan gaji di Timur Tengah dan Taiwan. Namun, sayangnya TKI masih menggunakan untuk hal-hal konsumtif."

Untuk itu, dengan adanya MoU ini diharapkan, tidak hanya mempromosikan TKI terampil, tetapi penghasilan TKI dari bekerja di luar negeri tidak habis untuk hal-hal konsumtif namun bisa menciptakan pedagang-pedagang baru. Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong, menyambut baik kerjasama dengan BNP2TKI ini dan berharap ingin mempererat dan memperluas kerjasama dengan BNP2TKI.

Dengan adanya MoU ini, Thomas menambahkan, peluang yang akan meningkat adalah ekspor di bidang makanan dan minuman atau sektor kuliner, serta fashion. Karena Thomas melihat adanya adanya kreatifitas masyarakat Indonesia di bidang tersebut dan juga selera yang baik.*** (Humas)

 

Sumber : BNP2TKI, diakses tanggal 13 Januari 2016, jam 12.27 WIB

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...