Ayo Berwisata Ke Desa-Desa

Waktu
: 25/09/2015 11:33:12
Sumber
: Marwan Jafar

Zaman modern yang serba canggih memudahkan orang melakukan berbagai aktivitas, kapan pun dan di mana pun. Sarana transportasi juga telah berkembang pesat sehingga memudahkan orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Perkembangan pola dan gaya hidup masyarakat modern juga telah berubah, salah satunya dengan menjadikan wisata sebagai jadwal penting dalam kalender tahunan mereka. Nah, bila ingin mendapatkan sensasi petualangan baru, tak ada salahnya mencoba menyusuri desa-desa terpencil yang ternyata memiliki segudang obyek menawan. Salah satu destinasi wisata desa yang layak untuk dikunjungi adalah Obyek Wisata Batu Karst Rammang-Rammang.
Rammang-Rammang berada di Gugusan Pegunungan Kapur (karst) Maros-Pangkep, tepatnya di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya relative dekat dari kota Makassar, yakni sekitar 40 km dan bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 2 jam dari Kota Makassar. Objek wisata ini sangat mudah dijangkau karena hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.
Dalam bahasa Makassar, Rammang-Rammang berarti awan atau sekumpulan kabut. Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang dikarenakan awan atau kabut yang selalu turun terutama di pagi hari atau ketika hujan.
Di Rammang-Rammang, anda bisa menikmati pesona keindahan sungai yang rimbun dengan pepohonan. Batu-batu menjulang tinggi menambah pesona keindahan ketika anda mengarungi sungai dengan perahu tradisional. Bila penat belum hilang, naiklah ke bukit-bukit lalu biarkan badan anda merasakan sensasi hawa segar di pinggir tebing-tebing bebatuan yang curam.
Ada beberapa objek wisata alam yang bisa ditemukan di tempat ini. Yaitu Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu' Barakka’, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, dan wisata Sungai Pute beserta Kampung Berua.
Obyek wisata dengan kualitas pemandangan sekelas Rammang-Rammang adalah contoh nyata, betapa desa-desa di Indonesia memiliki banyak potensi untuk dikunjungi. Pemerimntah, khususnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pun mendorong agar semua potensi wisata yang ada di desa dikembangkan.
“Setiap desa harus menggali, menemukan, dan mengembangkan potensinya masing-masing. Keindahan alam desa sangat potensial dikembangkan menjadi desa wisata. Pakai dana desa karena pengembangan wisata ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar usai menurup opameran potensi desa yang kebetulan digelar di Maros, Sulawesi Selatan.
Penulis: Trihayuningtyas
Sumber : www.kemendesa.go.id, diakses tanggal 27 Oktober 2015, jam 10.11

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...